Seputar Peradilan

PEMERIKSAAN, PENGAWASAN DAN PEMBINAAN PTA BENGKULU DI PA CURUP

FOTO DG PTA

Curup, 24 Juni 2020

Sejak hari Senin tanggal 22 Juni 2020 sampai Selasa 23 Juni 2020, Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu mengadakan pengawasan dan pemeriksaan serta pembinaan ke Pengadilan Agama Curup. Rombongan  Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu yang langsung dipimpin oleh Wakil Ketua Dr. Abdul Hakim, M.HI tersebut  didampingi oleh Hakim Tinggi Pengawas daerah Dra. Hj. Rosliani, MA,  Panitera Pengganti Drs. Nanang Juanda, MH serta dari staf kesekretariatan M. Rizki Romadhona.

FOTO DG PTA 2     FOTO DG PTA 3

Pda hari pertama Tim sampai ke PA Curup sekitar jam 09.00 WIb, langsung disambut oleh Ketua PA Curup Drs. H. Sarnidi, SH., MH didampingi Panitera Gustina Chairani, SH dan Sekretaris Dra. Meli Musli Marni, MH dan seluruh pegawai PA Curup. Setelah acara penyambutan selanjutnya Tim pemeriksa melaksanakan pemeriksaan baik dibidang managemen perkantoran, kepaniteraan dan kesekretariatan. Sehingga karena waktu hari Senin tersebut tidak selesai, maka dilanjutkan pada  hari Selasa tanggal 23 Juni 2020 hingga pukul 12.00 WIb.

Pada hari itu juga Wakil Ketua berkenan untuk memberikan pembinaan terhadap mediator non hakim, advokat dan petugas pos bantuan hokum yang melaksanakan tugas di PA Curup.

FOTO DG PTA 4   FOTO DG PTA 5

Barulah setelah selesai jam istirahat siang, Tim pemeriksa menyampaikan hasi pengawasan dan pemeriksaaannya pada pukul 14.00 WIB. Dalam paparan hasil pemeriksaan tersebut Hakim Tinggi Pengawas daerah bersama tim lainnya menyampaikan beberapa kekurangan dan masukan untuk perbaikan kedepan guna kemajuan PA Curup. Dan terhadap masukan dan perbaikan tersebut, Ketua PA Curup siap untuk menindaklanjuti temuan tersebut dengan menandatangani kontrak kinerja dihadapan Wakil Ketua  PTA Bengkulu.

Setelah acara ekspos dari Tim pemeriksa, selanjutnya Wakil Ketua PTA Bengkulu menyampaikan pembinaan berupa pelaksanaan tugas dan pungsi Pengadilan terutama yang menyangkut hukum acara. Banyak masukan  dan pencerahan  disampaikan oleh Wakil Ketua PTA Bengkulu, khususnya dalam menganalisa permasalahan dalam hukum acara, disampaikan baik secara teori maupun beberapa kasus yang terjadi. Hal ini sangat membantu khususnya hakim dalam melaksanakan pemeriksaan dipersidangan hingga mengambil keputusan.

Setelah jam menunjukkan pukul 16.45 WIB barulah acara selesai dan kemudian Tim pemeriksa diajak untuk foto bersama  sebelum akan kembali menuju kota Bengkulu. Terima kasih kepada Tim pengawas yang telah hadir ke PA Curup dalam rangka memberikan pengawasan dan pembinaan semoga apa yang disampaikan memberikan hasil yang positif  untuk kemajuan instansi badan peradilan pada umumnya. wassalam Tim IT PA Crp

Add comment