Seputar Peradilan

KETUA PA CURUP MENJADI NARASUMBER UU NOMOR 16 TAHUN 2019

Curup, 11 Desember 2019

Bertempat di gedung Pimpinan Cabang Nahdhatul Ulama Kabupaten Rejang Lebong pada hari Rabu tanggal 11 Desember 2019, Ketua Pengadilan Agama Curup Kelas 1 B ( Drs. H. SARNIDI, SH., MH),  memberikan materi Hukum Perkawinan Pasca Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan  Atas Undang-Undang No or 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan. Acara yang diinisiasi oleh Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Rejang Lebong tersebut  dihadiri oleh Seluruh Kepala KUA, Tokoh Ormas, Pemuda, Wanita seta masyarakat Rejang Lebong.

1

Penyuluhan Hukum  tersebut juga dihadiri oleh Kejari Rejang Lebong dengan materi  Sosialisasi Undang Undang Tipikor dan dari Kemenag Kabupaten Rejang Lebong dengan materi  Sosialisasi Undang Undang Haji.

Dalam Penyuluhan Hukum tersebut, banyak pertanyaan dari peserta kepada Pengadilan Agama, karena materi yang disampaikan oleh Ketua sangat menarik dan saat ini menjadi trading topic khususnya bagi masyarakat  Rejang Lebong dan umumnya masyarakat Indonesia. Meskipun disatu sisi sepertinya ada permasalahan dalam pelaksanaan dispensasi nikah yang sedikit mempersulit  masyarakat dalam melaksanakan pernikahan, namun untuk tegaknya  hukum dan maqashidus Syar’i maka  aturan tersebut harus dilaksanakan, ujar ketua dalam menjawab pertanyaan salah seorang peserta.

2

Ketua PA Curup juga menyampaikan tentang proses beracara di pengadilan Agama saat ini sudah dapat dilaksanakan secara on line melalui aplikasi e-court dan e-litigation yang akan mempermudah proses beracara di pengadilan agama.

Add comment