Seputar Peradilan

Ketua sampaikan kultum, untuk memperkuat keimanan keluarga besar PA Curup

12

Curup| PA Curup

Pada kesempatan ini untuk mengisi kegiatan pada bulan ramadhan 1440 H, PA Curup adakan kultum setiap senin dan kamis dengan narasumber secara bergantian sesuai jadwal. Adapun jadwal kultum pada kali ini disampaikan oleh Bapak Ketua Drs. Ahmad Nasohah, beliau menyampaikan perihal ada 4 golongan manusia yang dirindukan surga diantaranya :

  1. Orang yang gemar membaca kitab suci Al-Qur’an

Golongan pertama manusia yang dirindukan surga adalah mereka yang gemar membaca kitab suci Al-Qur’an.  Al-Qur’an merupakan pedoman hidup umat Islam, membaca dan memahami serta mengamalkannya menjadi bentuk ibadah yang sangat besar pahalanya.Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak merugi.”  (QS.  Al-Fathir: 29).

Adalah sebuah anugerah yang istimewa ketika surga merindukan manusia yang gemar membaca Al-Qur’an.  Karena dengan bacaan tersebut, Allah telah pula memberikan ketenangan batin, kasih sayang dan kecintaan-Nya, serta kemuliaan dan selalu diingat oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.  Subhanallah.

  1. Orang yang mampu menjaga lisannya

Golongan manusia yang dirindukan surga berikutnya adalah mereka yang senantiasa menjaga lidahnya dari perkataan yang tidak baik.  Orang yang mampu menjaga lisannya tentu tidak akan menyakiti orang lain dengan perkataannya.  Hendaklah kita menjaga lisan kita sebagai bentuk ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan perkataan yang baik dan bermanfaat. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:  “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu sekalian kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki amalan-amalanmu dan mengampuni dosa-dosamu.  Siapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.”  (QS.  Al-Ahzab:  70-71).

Lidah memang bisa menimbulkan masalah besar jika tidak mampu menjaganya dengan perkataan yang baik dan benar.  Lidah bisa lebih tajam dari pedang, karena dengan lidah seseorang bisa melakukan fitnah, menyebarkan kebohongan dan kebencian sehingga menimbulkan pertikaian bahkan perpecahan.

  1. Orang yang memberikan makanan kepada mereka yang sedang kelaparan

Golongan selanjutnya yang dirindukan surga adalah mereka yang memberikan makanan kepada orang yang sedang kelaparan.  Kebiasaan bersedekah dan membantu orang lain yang membutuhkan memiliki banyak keutamaan karena amalan tersebut merupakan perbuatan yang sangat mulia dan berpahala besar. Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:  “Allah tidak menarik kekasih-kekasih-Nya kecuali atas kedermawaan dan akhlak yang baik.”  (HR.  Ibnu Hibban).

  1. Orang yang berpuasa di bulan suci Ramadhan

Di bulan suci Ramadhan Allah telah menjanjikan kepada hamba-Nya ampunan dan pembebasan dari panas api neraka.  Terutama bagi mereka yang ikhlas menjalankan ibadah puasa, menghidupkan malamnya dengan sholat dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:  “Siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan, karena iman dan ikhlas maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”  (HR.  Bukhari Muslim).

34

Di momen Ramadhan tahun ini, marilah kita memperkuat keimanan dan memperketat lagi ibadahnya. Semoga kita menjadi salah satu manusia yang dirindukan surga Allah. Aamiin,”imbuh beliau.(pa_crp)