Seputar Peradilan

Launching dan sosialisasi E-court pada Pengadilan Agama Curup

12

Pengadilan agama curup melaksanakan lauching dan sosialisasi dengan mengundang para advokat yang berada di wilayah Kabupaten Rejang Lebong dan sekitarnya

Agenda kegiatan dibuka oleh Ketua Pengadilan Agama Curup Drs. Ahmad Nasohah yang memaparkan pengenalan tentang aplikasi e-court dimana yang menjadi dasar hukum yaitu Keputusan Dirjen Badilag MA RI No. 1294/DJA/HR-006/SK/05/2018 tentang pelaksanaan Peraturan Mahkamah Agung RI No. 3 tahun 2018 tentang administrasi perkara di Pengadilan secara elektronik. Diera modernisasi dan digitalisasi semua berkembang termasuk pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dengan menggunakan ponsel pintar, tab dan lain sebagai dapat mendaftarkan perkara secara online yang untuk saat aplikasi ecourt baru terbatas untuk kalangan advokat/Pengacara.

E-court adalah aplikasi pengadilan elektronik yang dikembangkan oleh Mahkamah Agung RI untuk meningkatkan pelayanan terhadap pencari keadilan yang akan di implementasikan di seluruh pengadilan, yang ada empat program :

  1. E-filiing : Pendaftaran perkara online
  2. E-Payment Pembayaran biaya panjar perkara secara online
  3. E-Notification : notifikasi secara online
  4. E-Summons : Pemanggilan Elektronik

Mitra kerja pihak Bank BRI juga memberikan gambaran bagaimana proses pembayaran panjar biaya perkara setelah menggunakan e-court yang secara detail mengenai tata cara serta langkah-langkahnya dapat menggunakan mesin EDC, ATM, dan Internet banking dimanapun dan kapanpun bisa membayar panjar biaya perkara ini yang demikian merupakan kemudahan yang diberikan aplikasi e-court ini.

 

34

acara selanjutnya pemaparan dari panitera Pengadilan Agama Curup Gustina Chairani, SH serta admin e-court Arisa Anggeraini,SH tentang tata cara pendaftaran akun e-court dari persayaratan advokat yang harus memiliki KTA aktif, KTP, Berita Acara Sumpah yang harus dilengkapi, dilanjutkan pemaparan oleh Wakil Ketua Drs. H. Azkar, SH yang memberikan gambaran teknis peradilan melalui e-court ini serta bagaimana teknik dan teknis persidangannya.

56

Untuk agenda terakhir yaitu MOU posbakum dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bhakti Alumni UNIB cabang Curup yang akan mulai aktif pada awal bulan maret  untuk memberikan bantuan hukum kepada masyarakat yang kurang mampu atau terpinggirkan. Hal ini merupakan program unggulan dari Mahkamah Agung RI untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.(redaksi pa.crp)