Seputar Peradilan

Ketua PTA Bengkulu Hadiri Pelayanan Itsbat Nikah Terpadu Pengadilan Agama Curup

isbat1isbat4

www.pa-curup.go.id

Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong dan Pengadilan Agama Curup Kelas IB bekerja sama dengan Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong  menyelenggarakan Itsbat Nikah Terpadu pada hari Senin, Selasa dan Rabu (26 s.d 28 Nopember 2018) yang dipusatkan di dua Kecamatan di Kabuapten Rejang Lebong yaitu Kecamatan Padang Ulak Tanding dan Kecamatan Curup Selatan, yang diikuti sebanyak 73 pasangan suami isteri yang belum memiliki bukti akta nikah.

 

isbat3 isbat2

Pelaksanaan sidang Itsbat Nikah Terpadu kali ini semakin istimewa karena tiga pilar Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu berkesempatan untuk menghadiri pembukaan Sidang Itsbat Nikah Terpadu yaitu  Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu YM Drs. H. Pelmizar, M.H.I., Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu  Dra Hj. Rokhanah S.H.,M.H. dan Panitera Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu Itna Fauza Qadriyah S.H,, M.H.

Pengadilan Agama Curup, senantiasa berkomitmen kuat untuk melakukan pemenuhan bagi kebutuhan dan hak-hak dasar warga negara Indonesia. Salah satu upaya pemenuhan tersebut adalah melalui sidang itsbat nikah terpadu yang bertujuan untuk penertiban administrasi kependudukan bagi warga yang belum memiliki dokumen yang sah seperti belum tercatatnya pernikahan untuk terbitnya akta kelahiran bagi anak-anak yang orang tuanya belum mencatatkan pernikahannya secara sah.”

“Penyelenggaraan sidang itsbat nikah terpadu ini sejalan dengan komitmen Mahkamah Agung RI yang telah mengeluarkan Peraturan Mahkamah Agung (PERMA Nomor 1 Tahun 2015) terkait pelaksanaan sidang itsbat nikah terpadu sebagai persyaratan untuk diterbitkannya buku nikah dan akta kelahiran yang kemudian bisa digunakan untuk kelengkapan administarsi kependudukan, seperti untuk mendaftar sekolah bagi anak, kebutuhan jika hendak naik haji dan umrah, dan persyaratan-persyaratan administrasi kependudukan lainnya.

isbat5 isbat6

isbat7 isbat8

Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu ini merupakan program kerja tahunan Pengadilan Agama Curup bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong dimana anggaran untuk penyelenggaraan pelayanan terpadu bersumber murni dari APBD Kabupaten Rejang Lebong TA 2018.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu, YM Drs. H. Pelmizar, MHI. dalam sambutannya mengungkapkan betapa pentingnya peran dan kerja sama antara Pengadilan Agama Curup, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dan Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong dalam membantu masyarakat untuk memperoleh bukti administrasi kependudukan, salah satunya kutipan akta nikah, kedepannya peran dan kerjasamanya untuk kemaslahatan masyarakat lebih diintensifkan dan ditingkatkan. (Tim IT-pa-curup)