Seputar Peradilan

PA Curup Gelar Rapat Pembinaan dan Sosialisasi

WhatsApp Image 2018 09 24 at 08.37.27 1

Curup|www.pa-curup.go.id

            Bertempat di ruang Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Curup Kelas IB,  diadakan rapat pembinaan rutin yang dihadiri oleh Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Staf dam Honorer Pengadilan Agama Curup. Rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua PA Curup Drs. Ahmad Nasohah yang didampingi oleh PLT Panitera  Gustina Chairani, S.H.  sebagai pembawa acara atau moderator. Adapun rapat ini mengagendakan sosialisasi hasil rapat koordinasi di PTA Bengkulu pada tanggal 19 September 2018 yang dihadiri oleh Ketua, PLT Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama se-wilayah Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu.

 upload

Pada kesempatan ini Ketua PA Curup menyampaikan pesan Ketua PTA Bengkulu yang memberikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh warga Pengadilan Agama Se-wilayah PTA Bengkulu atas dukungannya ikut mensukseskan perhelatan besar kita yaitu Turnamen PTWP tingkat Nasional yang baru saja diselenggarakan di Denpasar Bali, meskpun Tim Tenis Putra dan Putri PTA Bengkulu belum bisa mendapatkan juara. 

Adapun hasil rapat koordinasi di PTA Bengkulu pada tanggal 19 September 2018 KPTA Bengkulu berpesan agar Hakim untuk mencermati Peraturan Menteri Agama Nomor 19 Tahun 2018 tentang tentang Pencatatan Perkawinan terutama pada pasal 34 ayat 1 dan juga kepada pada Pejabat Kepaniteraan baik itu Panitera Pengganti, Juru Sita dan Jurusita Pengganti untuk mempelajari dan memahami hasil rapat pleno kamar yang telah dikompilasikan untuk djadikan acuan dalam pelaksanaan tugasnya. Hal lain yang disampaikan Ketua PA Curup adalah pesan dari KMA agar kita sebagai aparat pengadilan untuk selalu menjaga integritas kita yaitu pola kerja, disiplin, moralitas dan jati diri karena KMA tidak akan mentoleransi apabila  hal-hal tersebut dilanggar, hal tersebut berhubungan dengan dukungan terhadap pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dan untuk peningkatkan pelayanan di pengadilan diharapkan bagian meja informasi dan meja pengaduan untuk melayani dengan sepenuh hati.

Terkait pelaksanaan SAPM, PTSP, E-court serta Deklarasi Pembangunan Zona Integritas yang merupakan program unggulan Mahkamah Agung yang saat ini tengah giat berusaha untuk melaksanakan reformasi birokrasi melalui pembangunan zona integritas dalam mewujudkan wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) dan untuk mewujudkannya, Mahkamah Agung telah mengambil langkah-langkah dalam percepatan reformasi birokrasi,” meliputi pelaksanaan sertifikasi akreditasi penjaminan mutu (SAPM) pengadilan, pengembangan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP). Selain itu, implementasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), pengunggahan putusan pengadilan yang sudah mencapai lebih dari dua juta putusan, implementasi pengadilan elektronik (e-court) untuk menunjang terwujudnya asas peradilan cepat, sederhana dan berbiaya ringan.

Akhirnya rapat ditutup dengan pembahasan tentang rencana pelantikan Panitera PA Curup dan pengantar tugas dua orang hakim PA Curup yang telah pindah tugas ke PA Padang dan PA Linggau serta  Panitera PA Curup yang pindah tugas sebagai Panitera Pengganti di Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu. (Humas &ti-pacurup)