Seputar Peradilan

Hakim PA Curup Partisipasi Penyuluhan Hukum Terpadu

Curup|www.pa-curup.go.id

Acara Penyuluhan Hukum gabungan di hari ketiga (Selasa, 28 Agustus 2018) yang diselenggarakan oleh  Kabag Hukum Pemda Kab. Rejang Lebong, dilaksanakan di Kecamatan Sindang Kelingi. Tujuan dari adanya aturan perundang-undangan adalah untuk ditaati oleh masyarakat demi ketertiban dan keamanan. Masyarakat yang sadar hukum menjadi salah satu pilar kemajuan bangsa dan negara. Tanpa adanya kesadaran hukum masyarakat, aturan perundang-undangan hanya akan menjadi sebuah teks sakral yang tertulis dan tersimpan di Lembaran Negara.

WhatsApp Image 2018 08 29 at 09.42.45

Penyuluhan Hukum Terpadu ini, terdiri dari 4 (empat) orang Narasumber. Salah satunya Drs. H. M. Tarmidzie, M.H.I. (Hakim PA Curup), pada kesempatan kali ini Drs. H. M. Tarmidzie, M.H.I. menyampaikan penyuluhan hukum tentang hukum Perkawinan.

WhatsApp Image 2018 08 29 at 09.42.38

Adapun topik yang di angkat adalah hukum perkawinan yang termuat dalam Undang-undang Nomor 01 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Undang-undang Nomor 01 Tahun 1974 tentang Perkawinan terdiri dari 14 bab dan 67 pasal. Adapun pokok-pokok dalam Undang-undang tentang Perkawinan ini terdiri dari 5 (lima) poin sebagai asas-asas perkawinan dalam undang-undang, yaitu:

  1. Perkawinan Harus Dicatat
  2. Asas Monogami Terbatas
  3. Batas Minimal Usia Perkawinan
  4. Hak Dan Kewajiban Suami Istri Seimbang
  5. Harta Benda Dalam Perkawinan

Untuk memudahkan kegiatan penyuluhan hukum di Kecamatan Sindang Kelingi ini, Penyuluhan Hukum Terpadu Dilaksanakan di Aula Kecamatan Sindang Kelingi, sehingga tidak memerlukan lagi upaya mobilisasi massa untuk menerima penyuluhan. Alhamdulillah para tokoh agama dan tokoh masyarakat tidak keberatan bahkan sangat mendukung kegiatan ini.  Kegiatan ini akan dilanjutkan Rabu & Kamis dengan Pemateri Plh. Ketua PA Curup yaitu Muhammad Aliyuddin, S.H., M.H., masih dengan materi yang sama tentang Hukum Perkawinan. (Humas & TI-PACurup)

#Hennizein&Hayyulwali