Seputar Peradilan

UPACARA HUT MAHKAMAH AGUNG RI KE-73 DI PA CURUP

pa-curup.go.id.

 inspekturhutma

Meski Hari ulang tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke-73 tanggal 19 Agustus 2018 akan jatuh pada hari libur, yakni hari minggu, tetapi upacara peringatan HUT Mahkamah AgungRI ke-73 tetap akan dilaksanakan pada hari itu juga, tanpa bergeser ke hari kerja.

“Sesuai dengan instruksi YM Ketua Mahkamah Agung sekaligus untuk kebersamaan seluruh aparatur pengadilan, pelaksanaan upacara tetap sesuai jadwal.

Peringatan hari ulang tahun Mahkamah Agung ke-73 ini mengambil tema “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi”. Tema ini setidaknya melambangkan suasana dilingkungan peradilan Indonesia yang baru saja memulai era baru dengan mengembangkan sistem peradilan berbasis elektronik (e-court) sebagai implementasi dari Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara Secara Elektronik di Pengadilan.

pesertahutma

Bertempat di halaman gedung PA Curup, upacara HUT Mahkamah Agung RI ke-73  berlangsung hikmat dengan rasa kebersamaan dan tanggung jawab dengan Inspektur Upacara Ketua PA Curup Drs. Ahmad Nasohah, yang diikuti oleh Ketua PN Curup, para Hakim PA dan PN Curup,  Pejabat Kepaniteraan, Pejabat Kesekretariatan dan seluruh pegawai PA dan PN Curup.

Dalam  pidato sambutannya Ketua PA Curup Drs. Ahmad Nasohah sesuai tema HUT Mahkamah Agung RI ke 73 yaitu “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi”; dengan Tema ini setidaknya merefleksikan suasana kebatinan dunia peradilan Indonesia yang baru saja memulai era baru dengan mengembangkan sistem peradilan berbasis elektronik (e-court) sebagai implementasi dari Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara Secara Elektronik di Pengadilan. Semoga kita bisa menjalankan aktivitas  dengan baik. Beliau juga mengajak kepada peserta upacara agar menjadikan momentum ulang tahun ini sebagai sarana untuk membangun kerjasama yang baik diantara aparatur peradilan terutama di wilayah hukum Kabupaten Rejang Lebong.

Selepas upacara acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan acara olahraga dan lomba memeriahkan HUT Mahkamah Agung RI yaitu lomba tenis meja, Makan kerupuk, dan masukkan pensil kedalam botol, peringatan hari ulang tahun kali ini dilaksanakan dalam nuansa yang berbeda, yakni menghadirkan suasana olahraga bersama.

tenismeja kerupuk

pensil

“Kita menyadari bahwa dengan menjalankan aktifitas olahraga, maka tubuh akan menjadi sehat dan di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat mens sana in corpore sano,” demikian bunyi salah satu penggalan amanat Ketua Mahkamah Agung yang akan dibacakan pada hari itu. (humas & it-pacurup)