Seputar Peradilan

KETUA PENGADILAN AGAMA CURUP

MENGHADIRI RAPAT KOORDINASI

DI PENGADILAN TINGGI AGAMA BENGKULU

Curup|www.pa-curup.go.id

 1

Senin, 6 Agustus 2018. Ketua Pengadilan Agama Curup Drs. Ahmad Nasohah, Panitera Pengadilan Agama Curup Dra. Leni Puspawati dan Sekretaris Pengadilan Agama Curup Anriston, S.H. mengikuti rapat koordinasi di Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu. Acara tersebut juga di hadiri Ketua Pengadilan Agama Agama se-wilayah Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama se-wilayah Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu.

Rakor dimulai pukul 09.00 WIB. Di dibuka oleh Sekretaris PTA Bengkulu, Hendriansyah, S.H., M.H. selaku moderator  beliau menyampaikan agenda penting yang akan disampaikan adalah hasil  pembinaan oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung, Ketua Kamar dan Dirjen Badilag yang disampaikan pada acara purna bakti Ketua PTA Padang di Padang Sumatera Barat

KPTA Bengkulu  Drs. H. Pelmizar, MHI. dalam  rapat tersebut memberikan  arahan dan penekanan beberapa point penting tentang program kerja Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu diantaranya  tentang Pengawasan dan akan membuat MOU tentang Isbat Nikah Terpadu dengan Pemerintah Provinsi agar bisa ditindaklanjuti ke pemerintah Daerah.

2

Dalam kesempatan itu juga Ketua PTA Bengkulu menyampaikan hasil pembinaan Bapak Wakil Ketua Mahkamah Agung pada intinya beliau sangat mengapresiasikan kekompakan agar tetap dipertahankan, selain itu juga dalam hal pegawasan Mahkamah Agung akan tetap melakukan pengawasan dengan cara penyarmaran, hal lain yang beliau sampaikan adalah apresiasi terhadap PA meskipun PA serba dalam keterbatasan baik itu SDM, sarana prasarana maupun anggaran, akan tetapi PA tetap berjalan dengan baik.

3

Ketua Kamar juga dalam pembinaan tersebut menyampaikan bahwa seluruh warga PA harus mendukung kepemimpinan baru Dirjen Badilag sebagai Imam Besar kita, bahwa berdasarkan inventarisasi perkara kasasi ada penurunan terhadap penguasaan hukum formil, juga penerapan hak ex officio Hakim diterapkan harus secara hati-hati dan profesional dan terakhir beliau menekankan bahwa Ketua PA tidak boleh intervensi terhadap perkara yang ditangani oleh Hakim.

Di penghujung rapat Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu juga menyampaikan hasil pembinaan dari Dirjen Badilag bahwa  Dirjen Badilag ingin adanya gebrakan-gebrakan yang signifikan dari PA-PA, juga beliau berpesan agar mempersiapkan  PA-PA yang belum mengikuti SAPM pada gelombang II yang penyerahan sertifikatnya nantinya akan dilaksanakan berbarengan dengan kegiatan Turnamen PTWP tingkat Nasional di Bali  serta PA juga segera mempersiapkan E-court dan Zona Integritas. (Humas & it-pacurup)

#hennizein&hayyulwali