Seputar Peradilan

Penilaian Eksternal

Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu

Di Pengadilan Agama Curup

PA CurupSelasa, 22 Mei 2018

Hari Kamis, tanggal 17 Mei 2018 TIM Asesor SAPM Eksternal datang ke Pengadilan Agama Curup, Asessment Eksternal Pengadilan Agama Curup dengan Asessor oleh  1 orang Asessor Eksternal yaitu  bapak Irsyadi, S.Ag, M.Ag., ( Lead Asessor) dari PTA Sumatera Barat dan 2 orang Asessor Pendamping yaitu, bapak Anasrullah, S.H., M.H., dan bapak Hendriansyah, S.H., M.H., tak hanya itu, Wakil Ketua PTA Bengkulu bapak Drs. H. Abd. Hamid Pulungan, S.H., M.H., dan Ketua SAPM PTA Bengkulu bapak Drs. H. Sudarmadi, S.H., serta Panitera PTA Bengkulu Bapak  Drs. H. Misbahul Munir, S.H., M.H. turut menghadiri acara Opening Meeting Asesment di PA Curup. Tim tersebut  ditunjuk oleh Direktur Jendral Badan Peradilan Agama (Dirjen Badilag) untuk melakukan Asessment Eksternal di Pengadilan Agama Curup Kelas IB. 

 IMG 20180517 090746

 ( Opening Meeting Tim asesor Eksternal  dengan seluruh pegawai PA Curup  di ruang Utama PA Curup) 

Kedatangan tim tersebut untuk melaksanakan penilaian untuk mengukur tingkat kesesuaian antara implementasi di Pengadilan Agama Curup terhadap persyaratan Akreditasi Penjaminan Mutu. kegiatan tersebut diawali dengan opening meeting yang bertempat di ruang utama Pengadilan Agama Curup. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh elemen Pengadilan Agama Curup mulai dari Ketua, Hakim, Cakim dan Seluruh pegawai serta tenaga honorer Pengadilan Agama Curup.

double

 (Audit SAPM PA Curup) 

Dalam opening meeting terlebih dahulu Ketua Pengadilan Agama Curup bapak Drs. Ahmad Nasohah menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Asessor Eksternal yang telah datang ke Bumei Pat Petulai Kabupaten Rejang Lebong. Selanjutnya, bapak Drs. Ahmad Nasohah memperkenalkan seluruh pegawai PA Curup, serta mempresentasikan profil PA Curup serta seluk beluk persiapan menghadapi SAPM ini.

Selanjutnya Bapak Irsyadi, S.Ag, M.Ag.,  sebagai Lead Asesor menyatakan bahwa hal yang paling penting dalam SAPM ini adalah implementasinya. “Salah satu hal yang akan diperiksa dalam kegiatan SAPM ini adalah masalah implementasinya. Karena pengadilan yang berhak menyandang sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu adalah Pengadilan yang berhasil mengimplementasikan standar yang telah ditentukan BADILAG dalam kegiatan sehari-hari”  Terang Sekretaris PTA Padang ini yang ditunjuk BADILAG sebagai Lead Asesor untuk wilayah PTA Bengkulu.

WhatsApp Image 2018 05 17 at 18.32.44

 (Closing meeting Tim asesor Eksternal  dengan seluruh pegawai PA Curup  di ruang Utama PA Curup) 

Setelah tim asesor eksternal pun melaksanakan tugasnya untuk melakukan penilaian dan dokumen penelusuran mulai dari PJ. Manajemen, PJ. Kesekretariatan dan PJ. Kepaniteraan. Selanjutnya kegiatan Asessment ditutup dengan closing meeting.

#@aahaawee