Seputar Peradilan

AGENDA SIDANG KELILING PA CURUP KELAS IB

PA CurupSenin, 14 Mei 2018

Sidang diluar gedung Pengadilan Agama Curup digelar di Kabupaten Kepahiang pada hari Senin tanggal 30 April 2018. Kegiatan “sidang keliling” kali ini merupakan yang Ke-delapan di tahun 2018, setelah sukses menggelar “sidang keliling” Ketujuh pada tanggal 23 April 2018 di Kecamatan Padang Ulak Tanding. Sidang keliling merupakan satu program kerja Pengadilan Agama Curup tahun anggaran 2018 yang bertujuan memberikan kemudahan akses bagi para pencari keadilan. Tujuan ini sejalan dengan agenda besar Mahkamah Agung dan Dirjen Badilag untuk menciptakan kondisi dimana masyarakat (pencari keadilan) dapat dengan mudah mendapatkan akses dan menyalurkan hak-haknya untuk mendapatkan keadilan dari lembaga Pengadilan, dengan semboyan justice for all (keadilan untuk semua); Sidang keliling kali ini dipimpin langsung oleh Bapak Drs. Ahmad Nasohah sebagai ketua majelis dan Ibu Djurna’aini S.H., Ibu Dra. Hj. Yurni, masing-masing sebagai Hakim Anggota, Ibu Rogaiyah,S.Ag., selaku Hakim Mediator. Dibantu, Panitera Muda Gugatan, Elsi Suryani, S.H., Panitera Muda Hukum, ida Fitriyah, S.H., serta Panitera Pengganti Eka Yanisah Putri, S.H.I., M.H.I., dan Ibu Iriani Asia Muspita, A.md selaku Jurusita Pengganti, dan driver oleh saudara Chandra Mardiansyah.

Sepertihalnya sidang di kantor Pengadilan Agama Curup Kelas IB, sidang dimulai jam 09.00 sampai selesai, para pencari keadilan satu persatu dipanggil masuk ruang siding sesuai dengan urutan. Jika para pihak datang semua, sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 1 Tahun 2016, mereka diharuskan menempuh mediasi lebih dahulu, dengan Mediator yang telah disiapkan. Tetapi jika salah satu pihak tidak hadir, maka yang tidak hadirakan dipanggil lagi.

WhatsApp Image 2018 05 14 at 10.54.35 1

Sesuai dengan hukum acara yang berlaku, jika pada sidang kedua Penggugat/Pemohon tidak hadir, maka perkara akan digugurkan. Tetapi jikaTergugat/Termohon yang tidak hadir, perkara akan dilanjutkan dan diputus secara verstek. Karena itulah pada sidang kedua, biasanya Penggugat/Pemohon diperintahkan untuk menyiapkan bukt itermasuk saksi-saksi yang diperlukan. Sidang keliling, selain sangat membantu para pencari keadilan, bagi Hakim juga menjadi hiburan tersendiri karena dapat melihat-lihat situasi pedesaan secara langsung dan menghirup udara segar, jauh dari hirukpikuk (kebisingan), kepadatan lalulintas, dan polusi. Karena itulah sidang keliling selalu dinanti

WhatsApp Image 2018 05 14 at 09.13.41 1

WhatsApp Image 2018 05 14 at 09.13.44

Setibanya di lokasi sidang, rombongan yang terdiri dari  9 (Sembilan) orang tersebut, langsung mempersiapkan diri untuk memulai sidang. Tepat pada jam 09.00 WIB persidangan mulai dibuka dan selama proses persidangan berlangsung para pencari keadilan secara khidmat dan tertib menunggu giliran sidang hingga selesai.