Seputar Peradilan

PA CURUP ADAKAN ORIENTASI PEGAWAI BARU CPNS/CAKIM

PA Curup Rabu, 04 April 2018

Pengadilan Agama Curup melaksanakan orientasi pegawai terhadap Calon Pegawai Negeri Sipil/Calon Hakim yang baru bertugas di Pengadilan Agama Kepahiang, Fahadil Amin Al Hasan, M.Si (asal Bandung), Hesti Yozepta Ardi, S.H.I (asal Empat Lawang), Endah Tiara Furi, S.H.I (asal kota Bengkulu), Qurratul A'Yuni, S.H.I (asal kota Bengkulu), dan Zulfikar, S.H.I (asal Muko-Muko). Namun karena PA Kepahiang belum beroperasi, maka seluruh CPNS/Cakim ditugaskan di pengadilan induknya. Dalam hal ini PA Curup merupakan pengadilan induk dari PA Kepahiang yang belum beroperasi.

Orientasi Pegawai merupakan suatu bentuk implementasi pelaksanaan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) pada Pengadilan Agama Curup yang bertujuan untuk memperkenalkan pegawai baru pada pekerjaan ASN dan bagaimana melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing pegawai demi kemajuan Pengadilan Agama Curup Kelas 1B. Karena para CPNS/Cakim diperintahkan untuk bertugas di bidang kesekretariatan, maka yang memimpin kegiatan orientasi pegawai baru ini adalah Sekretaris Pengadilan Agama Curup, Bapak Anriston, S.H., didampingi oleh Kasubbag Kepegawaian, Organisasi dan Tata, Ibu Dahlia, S.H., Kasubbag Perencanaan, Teknologi Informasi, dan Pelaporan, Ibu Henni Zein, S.Kom., dan Kasubbag Umum dan Keuangan, Bapak Dedy Ismadi Harahap, S.H.

Diawal sambutannya, Bapak Sekretaris Pengadilan Agama Curup mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung dengan Pengadilan Agama Curup yang semoga dengan keberadaan para CPNS/Cakim akan menambah kerja pengadilan terutama dalam menghadapi Sistem Akreditasi Penjaminan Mutu. “Selamat datang dan selamat bergabung dengan Pengadilan Agama Curup, kami berharap semoga adik-adik calon hakim dapat membantu kinerja kami terutama di bidang kesekretariatan, karena dalam waktu yang dekat, kami akan menghadapi  Sistem Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama”. Jelas Bapak Anriston. Selain itu, beliau menjelaskan akan pentingnya seorang hakim agar dapat memahami segala sesuatu yang terkait dengan pengelolaan (manajemen) di pengadilan, karena suatu saat seorang hakim akan menjadi unsur pimpinan di pengadilan. “Kedepan adik-adik akan menjadi seorang pimpinan, oleh karena itu harus mengetahui dan mengerti dengan baik setiap pelaksanaan kerja di pengadilan, baik di bidang kesekretariatan maupun di bidang kepaniteraan. Begitupun kami, insya Allah akan membantu para adik calon hakim dalam menyelesaikan agenda Latihan Dasar (habituasi) yang dilaksanakan pengadilan ini”, Tambah beliau.

Orientasi CPNS

Pada kesempatan ini pula bapak Sekretaris menjelaskan tentang mekanisme penunjukan mentor untuk para CPNS/Cakim yang sedang dikomunikasikan dengan pimpinan. Dan kegiatan orientasi ini ditutup dengan sesi tanya jawab.

Orientasi pegawai selanjutnya disampaikan oleh masing-masing kasubbag. Adapun materi orientasi pegawai terdiri dari :

  1. Penjelasan dan Pengenalan Lingkungan kerja;
  2. Penjelasan Struktur Organisasi;
  3. Penjelasan Instruksi Kerja terkait (sesuai bidang kerja & ketentuan umum lainnya).
  4. Penjelasan implementasi Sistem Akreditasi Penjaminan Mutu (sesuai bidang kerja & ketentuan lainnya);
  5. Penjelasan peraturan dan tata tertib;
  6. Penjelasan uraian jabatan;
  7. Penjelasan tentang hak dan kewajiban pegawai; dan
  8. Penjelasan teknis lainnya.

Dengan dilaksanakannya orientasi pegawai ini, diharapkan seluruh CPNS/Cakim dapat menetahui hak dan kewajibannya sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain itu dengan orientasi ini pula diharapkan unsur pimpinan dapat mengetahui kemampuan dan potensi yang ada pada CPNS/Cakim, sehingga dapat disesuaikan dengan penempatan kerja.

#Humas dan Tim IT (Aly, Fahadil, dan Ahmadwali)#