Seputar Peradilan

HAKIM PENGADILAN AGAMA CURUP PESERTA DIKLAT EKONOMI SYARIAH

PA CurupƪRabu, 4 April 2018

Aga   Rogaiyah, S.Ag., M.H.,

Mahkamah Agung terus meningkatkan kualitas hakim-hakimnya, termasuk hakim peradilan agama. Salah satunya mengirimkan para hakim untuk belajar atau mengikuti pendidikan dan latihan (DIKLAT) ekonomi syariah di lingkungan Mahkamah Agung. Pengiriman hakim-hakim untuk belajar ekonomi syariah sudah dilakukan sejak 2008 silam. Kini, sudah memasuki angkatan Ke-VI.

Ekonomi syariah memang menjadi kompetensi absolut Peradilan Agama, sesuai Pasal 49 huruf (i) UU No. 3 Tahun 2006, sebagaimana diubah dengan UU No. 50 Tahun 2009  tentang Perubahan Kedua Atas UU No. 7 Tahun 1989  tentang Peradilan Agama, sehingga hakim-hakimnya membutuhkan dasar yang kuat mengenai ekonomi syariah. Diklat sertifikasi hakim ekonomi syariah tersebut dilaksanakan untuk memenuhi kompetensi hakim yang memiliki sertifikasi ekonomi syariah. Sebab, pada masanya nanti, hanya hakim yang memiliki sertifikasi ekonomi syariah yang dapat memeriksa, mengadili dan memutus perkara ekonomi syariah.

Dalam surat panggilan diklat yang ditandatangani Kepala Pusdiklat Teknis Peradilan Agus Subroto dijelaskan, peserta DIKLAT harus melakukan registrasi online di alamat : http//www.regdiklat.bldk.mahkamahagung.go.id paling lambat tanggal 21 Maret 2018. Sampai dengan saat ini, BALITBANGKUMDIL MA telah melaksanakan diklat sertifikasi hakim ekonomi syariah beberapa angkatan dan diklat ini akan berlanjut sampai kebutuhan hakim ekonomi syariah terpenuhi, baik untuk Pengadilan Agama maupun Pengadilan Tinggi Agama.

Salah satu Hakim PA Curup atas nama Ibu Rogaiyah, S.Ag., M.H., lulus dalam seleksi tersebut, dengan menduduki peringkat sepuluh besar Se-Indonesia. Sehingga berhak untuk dilanjutkan mengikuti DIKLAT Sertifikasi Hakim Ekonomi Syariah tersebut.

Mereka yang dipanggil mengikuti diklat sertifikasi hakim ekonomi syariah adalah yang telah lulus e-test hakim ekonomi syariah yang dilaksanakan Ditjen Badilag MA-RI secara online. Oleh sebab itu, pesertanya telah teruji  dan diharapkan mampu mengikuti diklat dengan baik sampai selesai.

Selamat dan sukses buat Rogaiyah, S.Ag., M.H., di BALITBANGKUMDIL MA, Megamendung Bogor untuk mengikuti DIKLAT Sertifikasi Hakim Ekonomi Syariah. Doa kami, semoga sehat dan tidak kurang suatu apa pun dan dapat mengikuti DIKLAT dengan baik dan lulus. Sukses teman.