Seputar Peradilan

PEMBEKALAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA IAIN CURUP

PA Curup∫ Kamis, 1 Maret 2018

Sejumlah 13 mahasiswa Fakultas Syariah yang terdiri dari mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga dan Program studi Hukum Ekonomi Syariah belum lama ini mengikuti pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Curup Kelas 1B bertempat di Aula Pengadilan Agama Curup Kelas 1B. Pembekalan yang mengusung tema “Hukum Acara Peradilan Agama Bagi Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Curup” ini menghadirkan dua (2) orang narasumber dari Pengadilan Agama Curup Kelas 1B.

Dalam uraiannya, Muhammad Aliyuddin, S.Ag., M.H., selaku Pemateri Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa IAIN Curup, menjelaskan secara ringkas terkait Hukum Acara Peradilan Agama. Menurutnya, penguasaan Hukum Acara Peradilan Agama menjadi hal yang mutlak bagi sarjana Syariah yang nantinya akan berkecimpung di dalamnya. “Jangan sampai seorang sarjana Syariah tidak paham dan tidak bisa beracara di Pengadilan Agama. Setelah paham kemudian selanjutnya harus bisa mempraktekkan untuk beracara di pengadilan. Kemudian, Mahasiswa dikenalkan mulai dari bagaimana alur seorang yang akan beracara di Pengadilan Agama, berkas-berkas yagng berkaitan, dan pengetahuan seputar kepaniteraa.

Untitled 1

Sesi terakhir pembekalan diisi dengan materi seputar pembuatan laporan PPL dan Magang Profesi. Mahasiswa diajari untuk sejak awal menyiapkan apa saja yang diperlukan untuk membuat laporan. Selain itu, mereka juga diajari metode dan pengetahuan terkait bagaimana menyusun laporan yang benar. “Yang terpenting, laporan yang dibuat nanti harus memiliki hasil yang jelas apa yang kalian temukan di tempat praktik, khususnya yang terkait dengan keilmuan yang kalian geluti,” jelas Marhabani, S.H.

Setelah menjalani pembekalan, para mahasiswa peserta PPL selanjutnya mengikuti Acara Persidangan di Ruang Sidang I dan Ruang Sidang II Pengadilan Agama Curup Kelas 1B.