Seputar Peradilan

PEMBINAAN HATIBINWASDA PENGADILAN TINGGI AGAMA BENGKULU

Curup Pengadilan Agama Curup mendapat kunjungan Pembinaan dan Pengawasan dari Hakim Tinggi Pengawas daerah PTA Bengkulu,

Senin, 22 Januari 2018 Tim pengawas dari Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu yang datang ke Curup di pimpin langsung oleh Hakim Tinggi PTA Bengkulu (Drs. H. Sudirman Cik Ani, S.H., M.H.) didampingi oleh Sekretaris PTA Bengkulu (Hendriansyah, S.H., M.H.) dan Assesor dari PTA Bengkulu (Wilcovin Arwintara  D, S.Kom.)

 edit 6

Pembinaan dibuka langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Curup (Drs. Ahmad Nasohah), dalam pembinaannya Bapak Ketua Tim Pengawas (Drs. H. Sudirman Cik Ani, S.H., M.H.)  menyampaikan agar Pengadilan Agama Curup lebih siap untuk menjalankan tugas. Jangan sampai kita lalai dalam menjalankan tugas. Mulai hari ini ketua PA Curup kami awasi. Kita punya tenaga ahli tinggal kita mau atau tidak untuk memanfaatkan. Dalam Organisasi PA diatur TUPOKSI yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989.

Selanjutnya beliau menyampaikan kepada seluruh pegawai PA Curup, untuk memahami tugas masing-masing, tidak ada alasan tidak bekerja karena tidak ada fasilitas kantor. Selanjutnya, perlu adanya komitmen bersama, keterbukaan (Transparansi) harus di utamakan. Pada umumnya Pengadilan Agama telah melaksanakan Tupoksi sesuai dengan peraturan berlaku, tetapi masih ada kesalahan-kesalahan kecil yang ditemukan. Menurut beliau kesalahan kecil ini jangan dianggap remeh “Ombak yang kecil bisa menenggelamkan”.

Pembinaan Selanjutnya dari Sekretaris PTA Bengkulu Bapak (Hendriansyah, S.H., M.H.) beliau Banyak menjelaskan tentang TUPOKSI Bidang Kesekretariatan pada umumnya dan pemahaman tentang pengelolaan anggaran dalam DIPA agar mengikuti aturan-aturan yang berlaku. Selanjutnya pembinaan tentang SAPM disampaikan langsung oleh salah seorang Assesor eksternal dari PTA Bengkulu (Wilcovin Arwintara  D, S.Kom.) pembinaan yang berlangsung di ruang sidang utama Pengadilan Agama Curup Kelas IB ini, melahirkan poin-poin penting dalam SAPM yang meliputi Administrasi PJ Manajemen, Administrasi PJ Kesekretariatan dan Administrasi PJ Kepaniteraan sebagaimana yang termuat dalam Standar Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan Agama yang diterbitkan oleh Dirjen Badan Peradilan Agama (BADILAG) Mahkamah Agung RI. Bravo PA Curup !!!