Seputar Peradilan

KPTA Bengkulu Lakukan Pembinaan Di PA Curup

IMG 20171121 094701

Selasa (21/11/2017) Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu Bapak Drs. H. M. Alwi Mallo, M.H., dengan didampingi oleh Hakim Tinggi PTA Bengkulu Bapak Drs. H. Rusdi, S.H., M.H., Sekretaris PTA Bengkulu Bapak Hendriansyah, S.H., M.H., Panitera PTA Bengkulu Bapak Drs. H. Misbahul Munir, S.H., M.H., melakukan pembinaan kepada seluruh keluarga besar PA Curup. Pembinaan tersebut bertujuan untuk memonitoring tindak lanjut hasil temuan Hatibinwasda PTA Bengkulu pada semester I tahun 2017 serta mencari permasalahan-permasalahan yang perlu dibicarakan bersama untuk dicarikan solusinya.

Acara dibuka langsung oleh Ketua PA Curup Bapak Drs. Ahmad Nasohah dan menyampaikan beberapa hal yang berkenaan dengan keadaan PA Curup sekarang mulai dari keadaan personil, administrasi Kesekretariatan dan Kepaniteraan serta beberapa kegiatan yang telah selesai dilaksanakan oleh PA Curup.

Selanjutnya, Hakim Tinggi PTA Bengkulu Drs. H. Rusdi, S.H., M.H., menyampaikan beberapa hal mengenai temuan-temuan dalam bidang kepaniteraan yang merupakan hasil pemeriksaan Hatibinwasda sebelumnya. Beliau mengutarakan bahwa temuan-temuan tersebut harus diperbaiki dan ditindaklanjuti demi peningkatan kinerja ke depannya.

Dalam pemaparannya, Ketua PTA Bengkulu Bapak Drs. H. M. Alwi Mallo, M.H., menyampaikan bahwa ada 3 agenda yang sekaligus dibarengi dengan pembinaan yang dilaksanakan di PA Curup yaitu :

  1. Meninjau lokasi PA Kepahiang yang merupakan PA baru dalam wilayah PTA Bengkulu;
  2. Monitoring hasil pengawasan HATIBINWASDA sebelumnya;
  3. Sosialisasi hasil pembinaan Ketua MARI di Jakarta.

Terkait dengan pembinaan Ketua MARI di Jakarta beberapa waktu yang lalu, Ketua PTA Bengkulu menyampaikan beberapa hal yang intinya adalah :

  1. Pimpinan & Pegawai PA Curup harus menghindari korupsi, kolusi & nepotisme sehubungan dengan maraknya aparat yang terkena OTT dan tertangkap oleh Tim Saber Pungli karena dapat memperburuk citra badan peradilan;
  2. Harus saling mengingatkan sesama pegawai agar hal-hal yang dapat menjatuhkan martabat badan peradilan tidak terjadi lagi;
  3. Harus meningkatkan kedisiplinan baik itu disiplin waktu maupun disiplin kerja sehingga seluruh pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu;
  4. Setiap Atasan wajib untuk melaksanakan pengawasan & pembinaan kepada bawahannya.

IMG 20171121 114226

Kemudian pembinaan masalah kesekretariatan yang disampaikan oleh Sekretaris PTA Bengkulu Bapak Hendriansyah, S.H., M.H., tentang berbagai permasalahan dan temuan-temuan baik pada Bagian Umum & Keuangan, Bagian Perencanaan, TI & Pelaporan serta Bagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana. Beliau berharap agar keseluruhan permasalahan dan temuan-temuan tersebut dapat ditindaklanjuti dan diselesaikan secepatnya untuk tertibnya administrasi PA Curup ke depannya.

Demikian juga Panitera PTA Bengkulu Bapak Drs. H. Misbahul Munir, S.H., M.H., menyampaikan berbagai permasalahan dan temuan-temuan pada Bagian kepaniteraan terutama terkait dengan SIPP. Beliau berharap agar keseluruhan permasalahan dan temuan-temuan tersebut akan segera ditindaklanjuti untuk tertibnya administrasi kepaniteraan di PA Curup.

Kegiatan tersebut ditutup oleh Ketua PA Curup dengan mengucapkan selamat jalan kepada Ketua PTA Bengkulu beserta rombongan dan diakhiri dengan foto bersama Ketua PTA Bengkulu dan seluruh pegawai PA Curup.